oke sobat langsung aja pada Tutorial photoshop kali  ini kita akan belajar membuat efek pusat energi api ( wauw...lagi2 api.. :( )dengan menggunakan photosop. langsung sob...

1. pertama kali buat lembar kerja baru dengan warna background hitam, Kemudian pilih brush tool dan pilih fuzzball ( di property bar) lihat gambar:
photoshop

2. setelah itu buat coretan dengan brush seperti pada gambar, ingat atur master diameternya (lihat gambar diatas) sesuai dengan ceretannya, semakin besar master diameternya berarti semakin besar pula coretannya:
photoshop

3. setelah itu kasih efek lensflare ( filter - render lens flare ) atur sesuai gambar, oya untuk brigthnessnya bisa dikurangin:
photoshop

4. setelah itu kita ulangi lagi lensflare, tapi pada lens type kita pilih movie prime,
photoshop

5. ulangi langkah 4 (4x lansflare dengan letak lens berbeda di empat sudut, lihat gambar).
photoshop
hasilnya:
photoshop

6. oke pada palet layer kita copy background menjadi 2 (layer - duplicate layer) sehingga background ada 2 yaitu background dan background copy:
photoshop

7. oke setelah itu kita gunakan efek twirl, aktif pada background pertama pilih menu: filter - distort - twirl: kasih angka angle :1 50: lalu kita aktif pada background copy dan kasih juga efek twirl, bedanya pada anggle yaiitu : 150 (kebalikannya). ingat kalo background kamu kasih angle 150 maka pada background copy harus kebalikannya yaitu -150, begitu juga sebaliknya. :
photoshop

8. setelah itu ubah blending modenya pada pallete layer menjadi lighten (kita aktif pada layer background copy/layer yang paling atas):
photoshop
sekarang waktunya pewarnaan: ubah warna rgb menjadi grayscale ( image - mode - grayscale )
photoshop
lalu ubah lagi menjadi index colour: (image - mode - indexed color...)
photoshop
sentuhan terakhir: ubah menjadi colour table ( image - mode - color table dan pilih black body) gini ni hasilnya:
photoshop
Efek energi pusaran api 1
atau gini, :)
photoshop
Efek energi pusaran api 2
wah mantap!!!...bisa dimodifikasi dengan hue saturation tapi inget ubah dulu jenis warna dari indexed menjadi rgb caranya: (image - mode - rgb color) baru deh diwarnai dengan hue saturation: (image -adjusment - hue saturation, ato bisa juga menggunakan color mixer)

Semoga bermanfaat